Mengapa blog ini?

Mengapa saya mengisi blog ini, yang demikian menyita waktu dan energi? Mungkin banyak alasannya, yang kalau ditanya juga saya tidak tahu persis apa jawabannya. Tapi yang pasti saya:

  • tidak bermaksud mempromosikan diri
  • tidak mengejar jabatan di pemerintahan
  • tidak mencari keuntungan finansial (tidak ada monetization di blog ini)
  • tidak berniat menjadi influencer

Kalau begitu, mengapa blog ini? Pertanyaan sederhana, jawaban tak mudah ditemukan. Patriotisme? Nasionalisme? Narsisme? Mencari jawaban sampai ke lubuk hati yang paling dalam... bukan itu semua! 

Terlahir di Indonesia, terdidik di Indonesia dan Belanda, mendidik di Indonesia, dan sekarang berkarya di Belanda adalah perjalanan hidup yang mungkin telah membuat saya kritis dalam berpandang. Saya yakin pandangan saya dapat memperkaya wawasan, di kalangan Belanda maupun Indonesia, karena itu saya berbagi di blog ini.

Apa dampak blog ini? Hanya mereka yang pernah melihat, membaca dan mendengar isi blog ini yang tahu jawabannya!

Saat saya tidak lagi bisa melihat, membaca, mendengar, bercakap, menulis dan berbagi, semoga segala apa yang ditaruh di sini bisa menjadi amal jariyah adanya.


back to contents

Popular posts from this blog

Indonesia Calls!

Doublet Guest House in Bandung for Rent / Sale

Contents