1920-2020: Satu Abad Pendidikan Tinggi Teknik di Indonesia

 

tersedia gratis sejak April 2023, silakan unduh di:

Buku 100 tahun ITB


“Tak kusangka... dengan membaca sambutan pendiri ITB 100 tahun yang lalu di buku ini, saya jadi paham mengapa ITB mampu melahirkan Soekarno sebagai seorang insinyur sekaligus sebagai Presiden Republik Indonesia yang pertama”

Qomaruzzaman, Direktur Komersil, PT Rekayasa Industri.

“Buku ini menceritakan bahwa nilai-nilai pendidikan yang ditanamkan di ITB sejak pendiriannya (TH Bandoeng) adalah universal dan tetap relevan sepanjang masa. Buah pikiran yang ditulis dalam buku ini menunjukkan relevansi tersebut. Walaupun buku ini mengupas pendirian ITB dan ditulis oleh para alumninya, buku ini menarik untuk dibaca oleh setiap orang. Saya percaya dengan membaca buku ini, pengetahuan dan wawasan siapa pun yang membacanya akan bertambah”

Dhira Nandana, President Director & CEO, PT Tripatra Engineers and Constructors.

“Buku ini sangat penting dibaca oleh anak-anak muda Indonesia yang peduli pada masa depan bangsanya. Adik-adik kelas Bung Karno di ITB juga mengikuti jejaknya untuk mencintai bangsanya. Walaupun mereka kini tinggal di Belanda, hatinya tetap di Indonesia dan selalu ingin berbuat yang terbaik bagi bangsanya, seperti yang dapat kita baca dari tulisan-tulisannya di buku ini. Selamat membaca”

Hari Tjahjono, Co-founder, PT Abyor International.

“Buku ini mengajak pembaca untuk selalu menghadirkan semangat yang dicetuskan di awal pembentukan pendidikan tinggi teknik di Indonesia 100 tahun yang lalu. Dengan merefleksikan nilai-nilai yang disampaikan dalam buku ini, kita akan terpicu untuk tetap optimis membangun landasan IPTEK yang kokoh dalam menghadapi masa depan yang penuh tantangan”

I Gede Wenten, Guru Besar, Institut Teknologi Bandung.

“Buku ini berisi kumpulan buah pikiran dari para alumnus ITB di Belanda yang diinspirasikan dari pidato pembukaan Technische Hoogeschool te Bandoeng oleh prof. Klopper dan ir. van Sandick. Buku ini memberikan kilas balik sejarah ITB yang relevan dengan jaman ini dan merefleksikan pengalaman pribadi mereka di Belanda. Sangat menarik untuk dibaca”

Bayu Jayawardhana, Guru Besar, University of Groningen.

“Membaca buku ini, saya sebagai alumni jadi lebih paham bagaimana ITB dan alumninya mengambil peran dalam kemajuan. Semua itu dikemas secara ringan berdasar kiprah teman-teman dalam menorehkan kontribusinya dengan bingkai semangat pendirian ITB. Sangat menginspirasi”

Dwi Sulisworo, Guru Besar, Universitas Ahmad Dahlan.


kembali ke daftar isi

Popular posts from this blog

Indonesia Calls!

Contents

History & Commemoration